Cikal Aksara

Main Navigation

Cara Mudah Mengajarkan Anak Menulis Huruf Tegak Bersambung

 

terampil-menulis-huruf-tegak-bersambungMenulis huruf tegak bersambung atau menulis halus memiliki banyak manfaat bagi anak-anak. Ketika anak menulis dengan tangan, sensori motorik halus, sentuhan, dan visual anak akan aktif secara bersamaan. Proses penggoresan garis tegak yang tebal dan garis miring yang tipis pada huruf tegak bersambung melatih anak tentang ketegasan, kelembutan, dan ketekunan. Karena itu, sekalipun zaman sudah serba komputer dan digital, tidak ada salahnya kita tetap mengajarkan anak cara menulis huruf tegak bersambung.

Tidak susah mengajari anak menulis halus, hanya dibutuhkan ketekunan berlatih dan suasana belajar yang menyenangkan. Secara teknis, pembelajaran bisa dimulai dari menjiplak, meniru, lalu menulis ulang tulisan biasa menjadi tulisan tegak bersambung. Secara materi, bisa dimulai dari menulis huruf tunggal, satu suku kata, satu kata, dan satu kalimat.  

Untuk menjiplak dan meniru, kita bisa menggunakan buku-buku yang berisi latihan menulis halus, misalnya buku “Terampil Menulis Huruf Tegak Bersambung” terbitan Cikal Aksara. Jika tidak ada, Anda pun bisa membuatnya sendiri dengan membuat garis dan menulis huruf dengan garis putus-putus, seperti bisa dilihat pada gambar berikut ini.

cara-menulis-tegak-bersambung-2

cara-menulis-tegak-bersambung-3